WELCOME

Welcome To My Blog...!!! Salam Guru Berteknologi...!!! Mengulas Hal-Hal Yang Berkaitan Dengan Teknologi Masa Kini & Pendidikan...!!!

Selasa, 14 April 2020

CARA MEMBUAT SHOR LINK ATAU MEMPERPENDEK LINK/URL (BIT.LY)

bit.ly
Hai Salam Guru Berteknologi…!!!
Postingan kali ini tentang membuat short link atau memperpendek alamat url kita sesuai dengan nama yang kita inginkan. Tujuan membuat short link adalah agar dapat mempermudah kita atau sahabat lain yang ingin mencari atau mengakses alamat link yang dituju. Langsung
saja ya kita ke tutorialnya.
1.    Langkah pertama yang anda lakukan adalah mengunjungi situs yang memperpendek url nya. Disini saya sarankan saja memakai situs bitly.com . Situs ini gratis kok bro, gak berbayar bisa menampung hingga 1000 link.  Linknya KLIK DISINI.

2.    Berikutnya bro harus mendaftar dulu atau membuat akunnya. Gampang kok gak make lama bro. Langsung klik di di SIGN UP. Lebih jelasnya bias dilihat gambar di bawah ini.
bit.ly


3.    Selanjutnya akan muncul tampilan untuk mendaftarkan email anda seperti gambar di bawah ini. Langsung aja bro SIGN UP WITH GOOGLE supaya jangan ribet. Jika ingin mendaftarkan dengan metode lain silahkan isi user nama dan identitas lainnya pada kolom pendaftaran yang disediakan.
gmail


4.    Setelah sukses mendaftar, anda akan dibawa kepada tampilan situs bitly seperti gambar di bawah ini. 
bitly


5.    Berikutnya langsung saja anda buat short linknya dengan cara klik CREATE , nanti akan muncul seperti gambar dibawah ini. Setelah itu pastekan aja link yang bro inginkan tadi dalam kolom PASTE URL LONG yang saya tandai dengan warna Lingkaran Biru ya bro.
bitly


6.    Kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Ketik saja judul yang anda inginkan pada kolom TITLE yang tujuannya hanya ingin mengingatkan kita pada penyimpanan pada akun bitly. Selanjutnya, jika anda ingin memodifikasi nama urlnya pada kolom CUSTOMIZE BACK HALF silahkan diganti dengan keinginan anda yang lebih mudah diingat, akan tetapi bit.ly/ tidak bias dihilangkan ya, karena kita nebeng ni bro…heheheheh. Lalu tinggal klik SAVE.
bitly


7.    Maka akan muncul hasilnya seperti di bawah ini. Selesai.
Yang kotak berwarna biru adalah link yang panjang dan kotak yang berwarna hijau adalah yang disebut short link yang sudah diedit atau di pendekan tadi.Silahkan di share linknya atau dibagikan kepada teman/sahabat/siswa.
bitly



Nah, sekian dulu tutorial dari saya, semoga bermanfaat buat kalian ya. Jika postingan ini bermanfaat silahkan digunakan atau ingin di share postingannya saya persilahkan. Salam Guru Berteknologi…!!!





2 komentar: