WELCOME

Welcome To My Blog...!!! Salam Guru Berteknologi...!!! Mengulas Hal-Hal Yang Berkaitan Dengan Teknologi Masa Kini & Pendidikan...!!!

Senin, 23 Maret 2020

CARA MENGHITUNG VOLUME DAN LUAS PERMUKAAN TABUNG (MATERI SD)




Hai Salam Guru Berteknologi...!!!
Apakah Anda tahu tentang tabung ? Tabung atau slinder adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh dua buah lingkaran dan persegi/persegi panjang sebagai selimutnya. Untuk mengenal bentuk-bentuknya mari kita bahas pada postingan kali ini. Post kali ini juga akan membahas  bagian-bagian dari tabung dan beberapa contoh soal serta penyelesaiannya. Oke kita langsung saja Broooo....

 A.Bagian-bagian Tabung
soal serta penyelesaiannya. Oke kita langsung saja Broooo....

Tabung jika dibuka akan membentuk bangun datar yang terdiri dari 2 buah lingkaran dan 1 buah persegi ataupun persegi panjang yang biasa disebut selimut tabung. Untuk lingkaran nanti bisa di lihat dipostingan saya kali lalu DISINI . Dan untuk persegi/persegi panjang nanti kita bahas juga Bro...

B.Rumus Tabung
Rumus yang sering digunakan untuk membuat tabung adalah sebagai berikut :

Rumus Untuk mencari Volume Tabung : 

atau :
Keterangan : Luas alas itu adalah luas lingkaran. Lihat rumus luas keliling lingkaran DISINI

Rumus untuk mencari Luas Permukaan tabung :

atau :
Atau kalo ada yang tidak hafal rumus Luas Permukaan tabung tinggal ingat saja rumus-rumus lingkaran dan persegi/persegipanjang. Caranya dengan menjumlahkan dulu 2 buah luas lingkaran, ditambah dengan keliling lingkaran dikalikan dengan tinggi tabung. Selesai. Maka kita akan mendapatkan hasil luas permukaan tabung.


C. Cara mengerjakan soal
Saya akan memberikan contoh soal dan cara pengerjaannya ya. Soal ini saya ambil dari
Ujian Tryout 2019/2020 online yang dibuat oleh Pak cello, SDK 086 Nangahaledoi yang sumbernya dari LINK INI KLIK DISINI
Contoh Soal :

Cara Penyelesaiannya :


Contoh soal :

Cara penyelesaiannya :

Nah sekian dulu postingan tentang lingkaran. Jika ada kritik dan sarannya silahkan tinggalkan di kolom komentar.....Anda juga bisa pelajari materi lingkaran lainnya pada video di bawah ini. Salam Guru Berteknologi...!!!

 






5 komentar: