WELCOME

Welcome To My Blog...!!! Salam Guru Berteknologi...!!! Mengulas Hal-Hal Yang Berkaitan Dengan Teknologi Masa Kini & Pendidikan...!!!

Rabu, 12 Agustus 2020

MATERI PEMBELAJARAN 2 ALAT GERAK HEWAN


Halo siswa kelas VB SDK Bhaktyarsa. Pada pembelajaran 2 ini kita sedikit mempelajari dari alat gerak aktif hewan beserta fungsinya. Disini Pak ambil beberapa contoh hewan.





  1. Ikan (Pisces)
Ikan adalah hewan berdarah dingin yang hidup di dalam air, bersisik, dan bergerak menggunakan sirip. Ikan mampu  bergerak di air, baik itu yang berada  di air tawar ataupun air asin laut yang luas. Dari segi bentuk rangkanya, ikan  berbentuk sebagian besar ada yang memanjang yang mirip dengan torpedo atau streamline. Agar  mudah bergerak, ikan mensekresikan lendir yang ada pada tubuhnya agar tubuhnya menjadi licin dan dapat meminimalkan gesekan dengan air. Ikan bernafas dengan insang, namun ada beberapa jenis ikan yang bernafas menggunakan
paru-paru (mamalia) sehingga ikan tersebut sesekali keluar dari air untuk menghirup udara. Ikan mempunyai organ khusus yang dapat membantunya dalam berenang, yaitu  gelembung renang. Organ ini bentuknya mirip balon (gelembung) yang ada pada  tubuh ikan. Gelembung ini berfungsi agar memudahkan ikan mengapung dan bergerak di dalam air.
  1. Reptil (hewan melata)
Hewan yang tergolong reptil  antara lain adalah ular, kadal, buaya, dan kura-kura. Sebagai contoh adalah ular. Ular mampu  bergerak dengan cara merayap atau melata baik  itu di atas tanah, air, maupun saat  berenang di air. Bentuk tulang ular terdiri atas tulang tengkorak, tulang badan,  dan  tulang ekor. Pada tulang badan, terdiri dari  ratusan ruas tulang belakang. Sedangkan  pada tulang rusuk ular terhubung dengan tulang belakang yang dibalut otot yang sangat lentur dan  kuat. Dengan bentuk tubuh  dan banyaknya ruas pada tulang belakang inilah, ular mampu bergerak dengan cara meliuk-liukkan badannya ke kanan dan ke kiri dengan sangat cepat.
  1. Burung (Aves)
Hewan yang berada di udara memiliki cara gerak yang berbeda dengan hewan yang ada di dalam air, karena hewan tersebut (seperti burung) bisa terbang bebas sebab memiliki sayap dan juga rangka tulang yang mendukung. Setiap burung mempunyai cara terbang yang berbeda-beda tergantung pada bentuk tubuh burung tersebut. Burung sendiri bisa terbang karena memiliki bentuk tubuh yang mempunyai gaya angkat lebih besar jika dibandingkan dengan hewan lainnya sehingga bisa melepaskan diri dari pengaruh gaya gravitasi bumi.
  1. Amfibi (hidup di darat dan di air)
Contoh hewan amfibi adalah katak. Konstruksi rangka katak terdiri atas tulang badan, tulang kepala, dan tulang anggota gerak. Katak mempunyai sendi yang ada di lutut, siku, bahu, pergelangan kaki, dan tangan, dan pinggul. Sendi ini berfungsi memudahkan katak untuk bisa bergerak dengan cara melompat. Katak mempunyai tulang belakang untuk menopang tubuhnya. Katak juga mempunyai kaki belakang yang amat panjang dan otot yang solid dan kekar. Kaki katak mengandung selaput yang berguna memudahkan ketika berenang.
  1. Mamalia (hewan menyusui)
Hewan mamalia contohnya sangat banyak di sekitar kita, seperti banteng, gajah, kucing, sapi, kambing, kuda, dan kerbau. Mamalia hidup di berbagai jenis habitat, ada yang di darat, udara, hingga di air. Karakteristik atau ciri rangka dari hewan mamalia  memiliki  tulang yang kokoh dan kuat  untuk  menopang tubuhnya. Salah satu contoh hewan mamalia adalah kuda yang bergerak dengan menggunakan keempat kakinya. Pada saat bergerak kaki belakang kuda akan mendorong kaki depan, sehingga cepat atau lambatnya gerakan kuda dipengaruhi oleh kedua kaki belakangnya. Otot hewan mamalia elastis dan kuat, sehingga hewan seperti kuda  dapat  berlari dengan sangat cepat atau kencang. Kuda juga memiliki  sendi-sendi yang kuat  untuk  mempermudah geraknya sehingga  dapat  bergerak dengan lincah.

Untuk dapat memahami lebih lanjut tentang alat gerak aktif pada organ hewan bisa searching di internet . silahkan kembali kebahan ajar materi pembelajaran 2 untuk mempelajari materi lainnya. Terima kasih.
Oleh Pak Cello

Tidak ada komentar:

Posting Komentar